Calendar

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

SMPIT Al Itqon Peduli Bencana Gempa Aceh

satu Windu Al Itqon

Sketsa Perjalanan 8 tahun SDIT Al Itqon 2007-2014

“Menelusuri Perjalanan Sekolah Unggulan Berbasis Kepemimpinan, Alam dan Karakter”

 

SDIT Al Itqon terlahir dari sebuah bursa gagasan pemikiran bahwa mendidik berarti menciptakan sebuah peradaban. Dengan segala keterbatasan sumber daya insani dan fasilitas, dibidani oleh segelintir anak muda yang resah terhadap prospek pendidikan di daerahnya, dan berupaya menyadarkan pentingnya pendidikan. Dari rumah tua membuncah secercah harapan yaitu adanya sebuah peradaban dan kesadaran baru dari rumah sederhana ini, sebuah komunitas pendidikan berbasis masyarakat pembelajar, belajar dari kehidupannya, belajar dari lingkungannya. Belajar dimana saja dan kapan saja bisa dilakukan hatta di bawah pohon sekaligus.

Bermula dari rumah tua kediaman KH. M. Rasyidi, Qomaruzzaman sang penggagas dan pendiri SDIT Al Itqon beserta teman-teman di awal pendirian, ada Hilman, Oyoy, Miming, Ipeh dan  Maesaroh. Tim ini merupakan pengasas awal bagi proses pembelajaran di sekolah ini, mereka berjibaku berproses mencari siswa dan membuat manajemen sekolah yang sangat sederhana dan minim. Mereka membuat yel-yel, penciptan ruang kelas yang nyaman, dan yang utama adalah meyakinkan orang tua siswa bahwa rumah tua ini adalah “sekolah” dan bukan” sekolah-sekolahan”. Pada saat pembukaan pendaftaran ada banyak orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke al Itqon, ragam komentar mereka ada yang beranggapan, “itu mah sekolah-sekolahan”, dan ada juga dari mereka yang sangat antusias dan yakin dengan pemaparan sistem dan proses belajar di SDIT Al Itqon oleh sang pendiri Mr. Zaman.   Prinsipnya kegiatan awal di sekolah ini sangat minimalis, ruang yang sangat minimalis, kamar-kamar dijadikan ruang belajar, ruang TU plus kantor sekolah dan direktur, ruang baca, ruang tunggu dan toilet di ujung belakang rumah yang menyatu dengan kantin dan gudang sekolah dan rumah. Sangat minimalis bukan...,

Read more...

Fieldtrip To Museum Negri Banten

08 September 2016 M - Sekolah Islam Terpadu AL ITQON melaksanakan dua kegiatan beberapa waktu yang lalu bagi siswa-siswi SD kelas VI dan siswa-siswi SMP kelas VII .  yakni field trip menuju ke Museum Negri banten dan pasir putih beach.

Gedung Ini dahulu kala pada masa kolonial Belanda digunakan untuk gudang VOC (ex:Gudang Tebu) namun pada tahun 2015 Pemprov telah meresmikan gedung tersebut untuk menjadi museum, yang pada kesempatan fieldtrip tahun ini (2016 M) SIT AL ITQON dapat mengunjunginya.

Read more...

SIT AL ITQON PEDULI BANJIR GARUT

Menanamkan kepedulian terhadap sesama perlu dilakukan sejak dini, hal inilah yang menjadi alasan tim fasilitator SDIT dan SMPIT Al Itqon untuk selalu melakukan penggalangan dana jika ada kejadian-kejadian bencana pada ummat manusia baik dalam negeri maupun luar negeri.

Begitu juga saat mendengar informasi bahwa telah terjadi bencana banjir dan longsor di kabupaten Garut. Tim fasilitator mengajak siswa/i untuk turun ke lapangan dalam rangka menggalang dana bantuan untuk masyarakat Garut, Senin lalu (26/09).

Read more...

Kantor: Jl.Raya Kresek Simpang Tiga Balaraja
Gg. KH. Rasyidi Balaraja Tangerang Banten
Telp. (021) 5952366
Call Center: 085717438505