Calendar

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            

teknologi dan peningkatan akhlak siswa

HUBUNGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI DENGAN PENERAPAN NILAI AHLAK

by:Ade Sumarlia

(Fasilitator Bid. Study TIK)

Kemajuan teknologi di dunia berdampak berbagai macam hal di kehidupan kita. misalnya internet. Internet sudah menjadi suatu hal yang sangat umum bagi masyarakat di Indonesia. buktinya saat ini warnet(warung internet) sudah sangat banyak yang tersebar.

 

Internet sendiri sudah memiliki banyak dampak bagi banyak orang. kita bisa menjadi lebih berpengetahuan dan pandai karena kita dapat mengakses ensiklopedia atau search engine melalui internet. internet juga memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan seluruh orang di dunia, sehingga kita dapat lebih menghargai bahasa dan budaya orang-orang di belahan bumi yang lain. kita juga dapat mengetahui berita dan kejadian-kejadian yang sedang berlaku di dunia. Tetapi internet tidak hanya membawa dampak positif, internet bisa membawa dampak negatif bila disalahgunakan. contohnya untuk menyebarluaskan ajaran-ajaran sesat seperti ilmu hitam, agama sesat seperti satanisme, untuk hal-hal yang berhubungan dengan (maaf ya!) pornografi. itu adalah beberapa contohnya. orang-orang di dunia sangat banyak yang menyalah gunakan internet. untuk hacker, internet adalah ladang uang mereka, dengan cara mencuri uang melalui internet banking. sesuatu yang membawa dampak positif bisa membawa dampak negatif bila disalahgunakan.

Teknologi yang mulai diciptakan selanjutnya adalah robotik. teknologi ini bisa dikatakan masih belum masuk ke Indonesia. tetapi di Jepang, sepengetahuan saya, sudah terdapat musium robotik. Di dalam musim itu terdapat banyak robot yang dapat berinteraksi dengan manusia. ada yang bertugas sebagai penunjuk arah atau map of directory, ada juga yang digunakan sebagai receptionist, ada yang sebagai pengingat di tempat sampah untuk memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. robot-robot di Jepang sudah mulai diciptakan untuk semakin menyerupai manusia sendiri.

 

Dampak positif dari teknologi ini adalah terdapatnya tenaga kerja yang mau bekerja tanpa pamrih (tidak digaji!) dan tidak merasa lelah,malas, atau semacamnya. tetapi robot yang sudah mulai dimasukkan AI(artificial inteligence) sangat sulit untuk diciptakan secara massal. robot-robot ini juga dapat digunakan untuk tugas-tugas yang berbahaya seperti perang dan lainnya.

 

Lagi-lagi, sesuatu yang berdampak positif juga dapat membawa dampak negatif, contohnya. dengan diisinya tenaga kerja oleh robot-robot, manusia menjadi kekurangan lahan kerja. dan potensi pengangguran dapat meningkat. selain itu bila segalanya dilakukan oleh robot, manusia yang ada akan menjadi malas dan tidak mau berasa melakukan sesuatu. contohnya bila tentara perang diaganti semua oleh robot, bisa-bisa para tentara yang ada beserta dengan komandannya bisa menjadi malas dan tidak memiliki postur tubuh tentara gagah(six packs, broad shoulder, dan sebagainya) bahkan tenatara-tentara bisa menjadi gemuk semua dan tidak mampu beraktifitas fisik.


 


 

 

 

Kantor: Jl.Raya Kresek Simpang Tiga Balaraja
Gg. KH. Rasyidi Balaraja Tangerang Banten
Telp. (021) 5952366
Call Center: 085717438505