Calendar

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Milad Al Itqon ke 13 dan Pawai Obor Muharram

(31/08 & 07/09) Tepatnya hari sabtu tanggal 31 Agustus 2019 Sekolah Islam Terpadu Al Itqon yang akrab dikenal dengan SIT AL ITQON ini berusia 13 tahun sudah, usia menginjak remaja. Meski terbilang sekolah yang masih sangat muda, tetapi sudah banyak menorehkan banyak prestasi, baik tingkat Kab Tangerang, tingkat Provinsi, hingga tingkat Nasional, prestasi yang diraih oleh siswa-siswanya hingga prestasi sekolahnya.


Pada acara Milad tahun ini dilakukan agenda tawasulan, khataman dan tahlilan yang pahalanya diberikan pada seluruh arwah pendiri, pengurus hingga orang tua murid. Lalu dilanjutkan dengan do’a untuk sekolah dan do’a akhir tahun hijriyah. Hingga acara potong tumpeng dan kue ulang tahun sekolah yang ditutup dengan do’a awal tahun setelah sholat maghrib berjama’ah di masjid.

Selanjutnya acara pawai obor para perwakilan Marching band dan Paskibra Al Itqon ikut mengawal pembukaan acara pawai obor. Hingga rangkaian acara terakhir yakni Seminar Islamic Parenting.

Tujuan kami menyelenggarakan acara ini, yaitu demi meningkatkan pendidikan islam, khususnya pada kalangan remaja. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bahwa kita berada dizaman yang tidak seperti jaman kita. Anak2 kita hidup ditengah2 jaman milenial. Maka mari kita didik anak2 kita dengan cara milenial berwawasan global tanpa meninggalkan kearifan lokal,

Oleh Karena itu :

"Orang tua harus melengkapi anaknya dengan kebutuhan emosional dan sosial yang dibungkus dengan kebutuhan spiritual".

Semoga dengan bertambahnya umur sekolah, Al Itqon dapat menjadi lebih baik lagi. Amin

Jambore Pramuka Santri Pesantren Se Banten 2019

Pandeglang, 23-25 Agustus 2019.

Acara ini adalah Pertemuan Pramuka Penggalang dan Penegak Santri Dari Pesantren Alumni Darul Rahman. Dibentuk dalam perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka IKDAR Banten dari tingkat yang paling ranting sampai tingkat nasional. Acara diselenggarakan diselenggarakan tiap tahun, pada tahun ini diselenggarakan di Ponpes Al Munajat Kepuh Mandalawangi Pandeglang – Banten.


Sebanyak 16 perwakilan dari kontingen Pesantren Alumni Daarul Rahman mereka memperebutkan trophy dari Ketua Umum IKDAR Pusat dan Ketua DPW Provinsi Banten.

Acara ini diselenggarakan selama 3 hari dimulai tanggal 23 hingga 25 Agustus 2019. Para Penggalang kontingen PPT Al Itqon menyabet satu piala juara 2 merakit tandu.

Kesan anak-anak sangat antusias, mereka bertemu saudara satu ilmu satu ayah yakni Prof. KH. Syukron Makmun. Disana mereka saling kenal dan saling bertukar yel-yel.

Untuk tahun yang akan datang, acara Jumpa Pramuka Santri Pesantren Alumni diadakan di pesantren Daarul Ahsan Serang.

 

Pelatihan Kader NU Junior

Balaraja, 13 Maret 2019

Yalal waton......yalal waton....yalal waton.....

Demikian penggalan lirik mars yang menggaung didalam ruang rapat SIT Al Itqon yang telah dinyanyikan oleh putra-putri SMPIT Al Itqon. Mereka pada pagi hari ini akan mengikuti pelatihan Kader NU Junior yang akan diisi oleh KH. Rahmat Alam dari PWNU Banten sebagai pemateri.


 

Disana anak-anak kelas akhir diberikan pemahaman tentang sejarah Nusantara dan proses tersebarnya Agama Islam serta metode-metodenya. Selanjutnya pada sesi kedua, anak-anak kelas 9 diberikan pemahaman tentang sanad silsilah keilmuan dan lain-lain tetang Ahlu sunnah wal jama'ah An Nahdliyyah dan Organisasi yang menjadi wadah perkumpulan Aswaja An Nahdliyyah tersebut. Termasuk organisasi-organisasi yang bertentangan dengan para pendahulu. Anak-anak diberikan cara untuk menstimultan dan diberikan antibiotik untuk menghalau pemahaman-pemahaman dari luar yang akan mengikis kearifan lokal yang sudah ada selama sekian abad.

Dalam penjelasannya, KH. Rahmat Alam memberikan pemahaman tentang sejarah NU dan Lembaga-lembaga yang berada dibawah naungannya. antara lain ; 1. Lembaga JQHNU (Jamiyyah Qurro Wal Huffadz Nahdlatul Ulama). Lembaga ini merupakan lembaga yang menaungi para Qori atau penghapal Al Qur'an. Sepertinya kita tidak asing lagi dengan IIQ (Institut Ilmu Al Qur'an). Demikian IIQ didirikan oleh mayoritas dari pada ulama NU yang ada dalam struktur pengurus Lembaga JQHNU. Dan Juga Lajnah Pentashih Al Qur'an, Lajnah ini pertama kalinya didirikan oleh pengurus-pengurus JQHNU. Kedua lembaga tersebut merupakan lembaga yang berada dalam naungan PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama). Termasuk juga MUI yang ada sampai sekarang ini, dahulu kala pendirinya mayoritas dari pada para Ulama NU. Hingga kita mungkin tidak lupa dengan slogan yg disebutkan oleh bung karno beberapa puluh tahun yang lalu "JAS MERAH" (Jangan sekali-kali Melupakan Sejarah).


 

Demikian informasi berita yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan membuka wawasan yang baru. Teruslah menuntut ilmu seluas mungkin dan jangan lupa tuntutlah agamamu dari para guru yang bersambung ilmunya sampai dengan Rasulullah Saw.

Akhir kata yang biasa dipakai oleh para Ulama NU.

Wallahul Mu'affiq ilaa Aqwamiththoriq.

Wassalam......

GEBYAR PENDIDIKAN

Tigaraksa, 16 Maret 2019

Pagi yang cerah untuk memulai hari yang indah dan mewarnainya dengan aktifitas bermanfaat.

Pagi ini semua team duta kurassaki (Brigade Am Itqon) berkumpul dihalaman sekolah untuk berangkat menuju lokasi acara gebyar pendidikan yang diadakan pemerintah kab. Tangerang dan beberapa Lembaga pendidikan serta instansi yang ada.


Sampai dilokasi, Semua team duta kurassaki (Brigade Al Itqon) dikumpulkan untuk mendengarkan kordinasi dari penggagas Kurassaki yaitu Bpk. Imam Sutopo, yang nantinya anak-anak akan mengelilingi lokasi acara untuk mengumpulkan sampah yang berceceran. Pada acara tersebut anak-anak diminta untuk mendemonstrasikan cara mereka membuat produk sabun dan pembersih lantai, serta macam-macam kerajinan tangan buatan dan kreasi mereka.


 

Dan tidak lupa juga mereka menjaga stand khusus produk-produk hasil karya putra-putri SIT Al Itqon. Disana anak-anak dapat berfoto bersama dengan Bpk. Mentri pendidikan dan kebudayaan RI.


Dengan adanya acara ini semoga anak-anak bisa mendapatkan pengalaman yang berharga dan pengetahuan yang luas sesuai visi - misi sekolah kita.

Kantor: Jl.Raya Kresek Simpang Tiga Balaraja
Gg. KH. Rasyidi Balaraja Tangerang Banten
Telp. (021) 5952366
Call Center: 085717438505