Calendar

« June 2021 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30        

Al Itqon Market DAy 2018

Kegiatan Market Day di Sekolah Islam Terpadu Al Itqon Balaraja kembali digelar, Jum’at (16/02).

Kegiatan ini adalah acara tahunan yang melibatkan semua warga sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sekitar.

“Tahun ini kita agendakan acaranya selama tiga hari berturut-turut dari hari Jum’at sampai Minggu, dan Al Hamdulillah tahun ini kita juga sekaligus menggelar acara penggalangan dana untuk Palestina dengan mendatangkan artis Opick” kata Direktur Utama SIT Al Itqon, Ust. Qomaruzzaman, M.Ed.


 

Direktur SMPIT Al Itqon, Agus Jamaludin, M.Pd saat diwawancara mengatakan bahwa kegiatan ini adalah ajang belajar bagi para siswa agar memiliki jiwa interpreunership sejak dini.

“Khusus siswa/i SMPIT sebelumnya kita latih untuk membuat produk sendiri dan kemudian pada hari Market Day ini mereka harus mampu memasarkannya” kata Ust Agus


 

“Produk-produk yang dibuat siswa diantaranya hasil seni kerajinan tangan, sabun pembersilh lantai, sabun cuci piring, dll” tambah Ust Agus

Di tempat terpisah Direktur SDIT Al Itqon, Ust Jarman, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan market day khusus bagi siswa SDIT adalah upaya menciptakan kebersamaan antara siswa dengan orang tuanya dan antar orang tua siswa.

“Setiap kelas kita wajibkan membuka stand jualan aneka makanan, stand-stand yang didesain oleh para orang tua juga kita lombakan” kata Ust Jarman

Sementara itu ketua kegiatan Market Day, Mis Fitri saat dikonfirmasi tim red itqonmagazine mengatakan:

“Selain acara jualan, kami juga menggelar santunan anak yatim dan aneka lomba yang diikuti oleh beberapa sekolah dari luar Al Itqo, Al hamdulillah acara yang kita gelar ini mendapat banyak dukungan dari beberapa perusahaan diantaranya: Domped Duafa, Kidzania, Sari Roti, Aqua, Zamzam Mart, dan Sumo” kata Mis Fitri

“Kami ucapakan beribu terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini” tambah Mis Fitri

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan, Kabid SMP Dinas Pendikan Kab Tangerang, Ketu Icmi Kab. Tangerang dan Ketua Karang Taruna Kab. Tangerang.

 

FIELDTRIP CITRA ALAM RIVERSIDE BOGOR

 Outing Classadalah salah satu program pembelajaran yang tujuannya memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu untuk menumbuhkan kreativitas siswa. Selain itu, outing class merupakan metode belajar yang menyenangkan, mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Selama proses pembelajaran outing class, guru, dan siswa lebih dapat membangun ‘kedekatan’, lebih fresh dan tentunya menyenangkan. Materi yang diajarkan juga tetap fokus tujuan dan hasilnya sangat baik. SMPIT Al-Itqon menerapkan metode ini, loh! Yuk, baca pengalaman seru selama outing class!

FIELDTRIP CITRA ALAM RIVERSIDE BOGOR


Citra Alam adalah sebuah tempat pelatihan dan pendidikan dalam penyelenggaraan Outbound untuk kalangan karyawan, mahasiswa, TK, SD, SMP dan SMA maupun kegiatan outing untuk umum.  Banyak sekali hal yang dapat kalian lakukan disini diantaranya, seperti Flying Fox, Camping, Area Bermain Anak, Playground, Rafting Donat, Paintball, High Rope,Berkuda, dan yang lainnya.

Hari Kamis tepatnya tanggal 27 Februari 2020 seluruh anak kelas 8 SMPIT Al Itqon melakukan perjalanan fieldtrip ke Citra Alam Riverside di Cilember, Cisarua, Bogor. Siswa SMPIT Al Itqon berkumpul di sekolah pukul 04.30 WIB. Mereka salat subuh berjamaah di sekolah lalu diberikan pengarahan oleh wali kelas sebelum keberangkatan. Kami berangkat menuju lokasi sekitar pukul 06.00 WIB. Sebelum berangkat tidak lupa peserta dicek kembali dan berdoa oleh pendamping. Siswa SMPIT Al Itqonsarapan pagi di bus dengan makanan andalan berupa fried chicken!

 Kami begitu sangat menikmati selama di perjalanan. Bersenda gurau, makan bersama, bernyanyi bersama, dan ada pula yang terlelap tidur. Akhirnya, sampailah kami di Citra Alam Riverside sekitar pukul 09.30 WIB. Udara disana sangat sejuk dan pemandangannya pun menyejukkan mata. Untuk menuju lokasi, ternyata kami harus menempuh perjalanan sekitar 10 menit lagi dengan berjalan kaki. Lumayan lah, hitung-hitung olahraga pagi. Ketika di perjalanan, rintik-rintik hujan pun berjatuhan, alhasil kami makin segera bergegas untuk sampai di lokasi.

 Sampai di lokasi, kami disambut oleh petugas yang ada disana, kemudian anak-anak istirahat sebentar sambil menikmati snack yang disediakan oleh Citra Alam. Acara selanjutnya yaitu pengarahan dari pihak Citra Alam Riverside. Kegiatan yang akan diikuti oleh anak-anak yaitu fun games, dan flying fox.

 Kegiatan pertama dibuka dengan fun games, ada 6 permainan yang disediakan oleh pihak Citra Alam dan permainan tersebut mengandung nilai-nilai pembelajaran seperti kekompakan, gotong-royong, saling menghargai dan masih banyak lagi. Selanjutnya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti kegiatan outbond oleh panitia. Kegiatan inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Kami sangat menikmati kegiatan tersebut walaupun kondisinya ditemani oleh rintik-rintik hujan. Kami semua saling bekerjasama untuk melalui serangkaian kegiatan outbond tersebut. Mereka tak takut kotor dan berusaha menyemangati satu sama lain agar dapat melalui rintangan demi rintangan dalam kegiatan outbond.

 Setelah kegiatan outbond selesai, seluruh peserta mandi. Kemudian salat dzuhur berjamaah dan makan siang bersama. Selesai makan, anak-anak istirahat sejenak lalu acara selanjutnya yaitu bermain flying fox. Anak-anak sebagian besar masih bersemangat mengikuti kegiatan tersebut, walaupun ada beberapa orang yang tetap beristirahat dan tidak ikut bermain flying fox. Tak terasa sudah pukul 15.30, sebelum pulang kami salat ashar berjamaah terlebih dahulu. Acara terakhir yaitu penutupan. Acara ini ditutup dengan penyampaian kesan setelah mengikuti kegiatan di Citra Alam serta ucapan terima kasih telah berkunjung ke Citra Alam. Setelah itu, kami berjalan kaki kembali menuju bus dan pulang. Alhamdulillah kami sampai di Balaraja sekitar pukul 08.30 WIB. Perjalanan fieldtrip kali ini sangat menyenangkan dan takkan terlupakan !