Calendar

« July 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

makna pengetahuan

ILMU PENGETAHUAN

Oleh: Agus Jamaludin, S.PdI  (Direktur Sekolah SMPIT Al Itqon

Sering kita dengar istilah Ilmu Pengetahuan, bahkan kita sendiri sering menggunakan kata Ilmu Pengetahuan dalam obrolan-obrolan kita dengan orang lain, tapi tahukah kita arti dari ilmu pengetahuan itu? Apa pentingnya mempelajari ilmu pengetahuan? Maka, Pada kesempatan ini saya ingin mengajak anda berselancar dalam dunia ilmu pengetahuan, silahkan lanjutkan membaca….

 

Berpikir pada dasarnya merupakan sebuah proses yang membuahkan pengetahuan. Proses ini merupakan serangkaian gerak pemikiran dalam mengikuti jalan pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah pengetahuan. Gerak pemikiran ini dalam kegiatanya mempergunakan lambang-lambang yang merupakan abstraksi dari obyek yang sedang kita pikirkan. Bahasa adalah salah satu dari lambang tersebut dimana obyek-obyek kehidupan yang kongkrit dinyatakan dalam kata-kata. Dapat dibayangkan betapa sulitnya proses berpikir tersebut tanpa adanya lambang-lambang yang mengabstraksikan berbagai gejala kehidupan. Matematika yang merupakan serangkaian lambang pada hakikatnya mempunya fungsi yang sama dengan bahasa. Sejak seorang bayi mulai bisa berkata-kata, orang tuanya mulai mengajarkan bahasa dan setelah anak itu cukup usia mulailah ia diajarkan berhitung. Yang pertama merupakan bahasa verbal sedangkan yang kedua merupakan bahasa yang menggunakan angka. Menggunakan kedua bahasa itulah dia mulai berkomunikasi denngan lingkunganya. Setelah anak itu berumur 6 atau 7 tahun mulailah ia memasuki sekolah untuk mempelajari bahasa tertulis. Disana anak itu mulai diperkenalkan pada proses kegiatan berpikir secara formal; suatu kegiatan yang untuk selanjutnya takkan pernah berhenti sampai akhir hayatnya. Meskipun kelihatan tampak betapa banyak dan beraneka ragamnya buah pemikiran itu, namun pada kahikatnya upaya manusia dalam memperoleh pengetahuan didasarkan kepada tiga hal pokok yakni:

-          Apakah yang ingin kita ketahui?

-          Bagaimana cara kita memperoleh pengetahuan?

-          Apakah nilai pengetahuan tersebut bagi kita?[1]

Ilmu pengetahuan itu terdiri dari ilmu duniawi dan ukhrowi, ilmu duniawi itu ilmu yang mempelajari hal-hal yang yang bersifat dunia misalnya ilmu tentang alam semesta, dll. Sedangkan ilmu ukhrowi adalah ilmu yang membahas tentang masalah-masalah akhirat misalnya ilmu tentang cara beribadah. Kedua ilmu tersebut penting dipelajari oleh umat manusia sejalan dengan hadits Nabi Muhammad SAW:

“Barang siapa menghendaki dunia maka pelajarilah ilmunya, dan barang siapa menginginkan akhirat maka pelajarilah ilmunya, dan barang siapa yang menghendaki keduanya, maka pelajarilah ilmu keduanya”

Ketika kita ingin berdagang tanpa mengetahui bagaimana berdagang maka kita tidak akan mendapat kesuksesan dalam berdagang, begitu pula ketika kita akan solat, tapi kita tidak tahu apa itu solat, mana yang wajib dan mana yang sunah, maka solat kita akan sia-sia karena amal ibadah kita tidak akan diterima.

Fakullu man bighoiri ilmin ya’malu – ‘Amaluhu mardudatun laa tuqbalu

“Barang siapa beramal tanpa mengetahui ilmunya, maka amalnya tidak akan diterima”

Begitu pentingnya mempelajari ilmu pengetahuan, sampai Rosulullah dalam mewajibkan menuntut ilmu bagi umat Islam yang laki-laki dan perempuan. Wajib berarti mendapat pahala jika dilakukan dan akan mendapat dosa dan siksa di akhirat jika ditinggalkan.

Oleh karena itu bisa kita simpulkan bahwa menuntut ilmu itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita, penting karena kita harus mampu survive karena kita hidup didunia, penting karena kita itu hamba Allah yang harus berbakti kepadaNya dengan menjalankan segala petunjukNya yang telah diajarkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Al Qur’an dan Al hadits serta yang sampai kepada kita melalui para pewaris Nabi yaitu para ulama.

“Sungguh mulia orang-orang yang belajar ilmu dan mengajarkannya”

Wallahu a’lam bissawab

 

 

 

 

 

 



[1] Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam perspektif, yayasan obor Indonesia, cet. Ke-9 tahun 1991, hal. 2 

Kantor: Jl.Raya Kresek Simpang Tiga Balaraja
Gg. KH. Rasyidi Balaraja Tangerang Banten
Telp. (021) 5952366
Call Center: 085717438505